Minggu, 09 Oktober 2016

ANALISIS CSR PADA SUATU PERUSAHAAN



ANALISIS CSR PADA SUATU PERUSAHAAN

Nama           : FAJAR PRABOWO
Kelas           : 4EA17
NPM           : 13213158
ETIKA BISNIS

Analisis Program CSR Pada Suatu Perusahaan
1.      Apa perusahaannya?
PT. Djarum
2.      Program apa yang dilakukan?
Program CSR PT. Djarum:

a.       Kontribusi Masyarakat (Djarum Sumbangsih Sosial)

Sejak 1951, Djarum Foundation telah melaksanakan berbagai program masyarakat mulai dari program pemberantasan nyamuk (Aedes aegypti), pencegahan kebakaran, donor darah, tangki penyimpanan air hujan, dan operasi katarak gratis, tsunami atau bencana gempa, bantuan tanggap banjir dan bantuan kemanusiaan.
Program Kontribusi Masyarakat Djarum Foundation terus menjunjung tinggi tradisi kami untuk membantu orang dalam kehidupan sehari-hari mereka, untuk kemajuan bangsa Indonesia.

b.      Olahraga (Djarum Beasiswa Bulutangkis)


Djarum Foundation percaya bahwa olahraga dan persaingan yang sehat merupakan bagian penting dari pembentukan karakter bagi orang-orang di mana-mana di seluruh dunia. Olahraga memainkan elemen penting dalam kesehatan kita, kebahagiaan dan kesejahteraan. Cinta olahraga melampaui batas-batas nasional, menciptakan hubungan internasional dan meningkatkan pemahaman kita tentang satu sama lain pada tingkat nasional dan global.
Tahun 1969 dengan pembentukan Djarum Badminton Klub di Kudus, Jawa Tengah. Selama bertahun-tahun, Djarum Badminton Klub berhasil membangun rekam jejak yang terbukti untuk mengembangkan pemain berbakat dan mengubahnya menjadi atlet yang kompetitif. Djarum Badminton Klub atlet telah memberikan kontribusi medali emas di event internasional utama termasuk Olimpiade, All England, Kejuaraan Dunia, Sudirman, Thomas dan Uber Cup.




c.       Lingkungan (Djarum Trees of Life)


PT. Djarum melalui salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility Djarum Bakti Lingkungan kembali melakukan aksi pelestarian lingkungan. Kali ini, dalam program bertajuk Trees for life, Djarum Bakti Lingkungan melakukan penanaman pohon trembesi di sepanjang turus jalan  Semarang-Kudus. Aksi program ini telah dicanangkan pada 24 februari 2010 dengan kehadiran Gubernur Jawa Tengah.
Djarum Bakti Lingkungan melalui Program Djarum Trees for Life melakukan penanaman 2.767 pohon trembesi di sepanjang turus jalan Semarang-Kudus (sepanjang +/- 40 km). Pohon trembesi dipilih selain memiliki kemampuan sebagai peneduh, juga sebagai pohon dengan serapan CO2 tertinggi. Pohon trembesi dewasa dapat menyerap CO2 sebanyak 78,826,296 kg/thn. Harapannya dapat mengurangi pemanasan global dan mendukung program Pemerintah.

d.      Pendidikan (Djarum Beasiswa Plus)

      Sejak tahun 1984, Djarum Beasiswa Plus secara konsisten berperan aktif memajukan pendidikan melalui pembudayaan dan pemberdayaan mahasiswa berprestasi 
tinggi, dalam berbagai pelatihan soft skills untuk membentuk manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan serta menjadi pemimpin yang cakap intelektual, emosional dan spiritual.
Selain mendapat bantuan biaya pendidikan, para penerima Djarum Beasiswa Plus (Beswan Djarum) juga menerima manfaat lain berupa program pelatihan soft skills, yang merupakan kelebihan dari Program Djarum Beasiswa Plus, yaitu dengan mengikuti kegiatan Nation BuildingCharacter BuildingLeadership DevelopmentCompetition ChallengesInternational Exposure dan Community Empowerment. Tujuannya tidak lain agar para Beswan Djarum kelak bisa menjadi manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan sebagai calon pemimpin bangsa.
Djarum Foundation, melalui Program Djarum Beasiswa Plus, akan terus konsisten dan berusaha menjaga komitmen demi tercapainya masa depan yang penuh cita-cita luhur. Sebuah semangat yang tak akan pernah berhenti untuk terus melahirkan generasi berprestasi

e.       Budaya (Djarum Apresiasi Budaya)


“Indonesia Kaya merupakan portal informasi budaya Indonesia yang didukung oleh Djarum Apresiasi Budaya. Dimana bertujuan memperkenalkan dan memberikan informasi kepada masyarakat umum terhadap budaya daerah-daerah di Indonesia.”
Inisiatif Budaya kami, yang dimulai pada tahun 1992, bertujuan untuk mendukung energi kreatif masyarakat Indonesia dan membangun kemitraan yang kuat dalam upaya untuk meningkatkan tingkat apresiasi terhadap budaya Indonesia. Sejak tahun 1992, Inisiatif Budaya telah mendukung lebih dari 1.000 pertunjukan budaya dan pertunjukan.
Diharapkan bahwa Inisiatif Budaya kami akan membantu menciptakan ruang terbuka untuk berekspresi, komunikasi dan apresiasi. Dengan cara ini, kekuatan menyatukan budaya akan menyebabkan persatuan nasional yang lebih besar. Untuk mencintai budaya  kita adalah ekspresi tertinggi kebanggaan dan cinta untuk negara kita kita.

3.      Siapa khalayak yang di tuju?
Khalayak yang di tuju adalah masyarakat Indonesia, baik itu masyarakat di sekitar daerah perusahaan beroperasi (masyarakat khusus) maupun terhadap masyarakat Indonesia secara umum.

4.      Bagaimana pendapat anda terkait program tersebut?
Menurut pendapat saya mengenai pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan/CSR PT Djarum secara keseluruhan telah memberikan pengaruh positif bagi masyarakat, baik itu masyarakat di sekitar daerah perusahaan beroperasi maupun terhadap masyarakat Indonesia secara umum. Hal ini terwujud dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat yang mencakup berbagai bidang antara lain, sosial, olahraga, lingkungan, pendidikan, dan budaya. Tetapi pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan/CSR PT Djarum belum memberi pengaruh pada pengembangan masyarakat (Comunity Development) khususnya di bidang ekonomi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar daerah perusahaan beroperasi.

5.      Apa saran/solusi yang anda tawarkan untuk program tersebut?
Saran/solusi saya adalah untuk lebih meningkatkan pengaruh dari  pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan/CSR sebaiknya PT Djarum menambah misi dan fokus pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan/CSR-nya pada bidang ekonomi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar tempat beroperasinya perusahaan.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar