LEMBAGA
BISNIS YANG BERKAITAN DENGAN TEORI UTILITARIAN
STUDI
KASUS : WARUNG ENON
NAMA : FAJAR PRABOWO
NPM : 13213158
KELAS : 4EA17
TEORI
ETIKA BISNIS
PENDAHULUAN
1. Teori
Pengertian Etika
Etika dari asal usul
kata, Etika berasal dari bahasa Yunani ‘ethos’ yang berarti adat istiadat/
kebiasaan yang baik Perkembangan etika yaitu Studi tentang kebiasaan manusia
berdasarkan kesepakatan, menurut ruang dan waktu yang berbeda, yang
menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan pada umumnya disebut juga filsafat
moral adalah cabang filsafat yang berbicara tentang praxis tindakan manusia.
Etika tidak mempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkan bagaimana
manusia harus bertindak.
2.
Teori Utilitarian
Menurut teori ini suatu perbuatan adalah baik jika
membawa manfaat, tapi manfaat itu harus menyangkut bukan saja satu dua
orang melainkan masyarakat sebagai keseluruhan. Teori ini lebih menitikberatkan
kepada manfaat dari setiap tindakan terhadap seluruh atau sebagian besar orang.
Menurut teori ini, benar atau salah sesuatu perbuatan diukur dari apakah
perbuatan tersebut berdampak baik atau buruk kepada setiap orang, baik terhadap
orang lain maupun terhadap dirinya sendiri.
Utilitarianisme , teori ini cocok sekali dengan
pemikiran ekonomis, karena cukup dekat dengan Cost-Benefit Analysis. Manfaat
yang dimaksudkan utilitarianisme bisa dihitung sama seperti kita menghitung
untung dan rugi atau kredit dan debet dalam konteks bisnis
Utilitarianisme, dibedakan menjadi dua macam :
1. Utilitarianisme
Perbuatan (Act Utilitarianism)
2. Utilitarianisme
Aturan (Rule Utilitarianism)
3.
Pembahasan
Pada
pembahasan ini membahas tentang badan usaha yang bernama WARUNG ENON , suatu
badan usaha ini pertama kali di dirikan di bekasi. Namun suatu badan usaha ini
telah mendirikan cabang-cabang yang terletak diberbagai tempat seperti cibubur,
buaran, klender, dan rawamangun. Dan pada pembahasan ini membahas warung enon
yang terletak didaerah Jalan kelapa dua wetan Perum PTB Blok 1L no.11 Cibubur. Warung
enon adalah bangunan rumah biasa yang tampak dari luar dihiasi cantik yang
berpendar dibalik sangkar burung.
Seluruh
dinding warung enon dicat putih, mejanya dari tong besi dengan lampu dan ornament
bergaya modern. Secara keseluruan, interiornya sederhana namun tetap unik dan
bergaya anak muda. Saat disodorkan menu, kami melihat menunya terbuat dari
kertas hvs yang terdiri banyak kolom. Ternyata, kolom tersebut adalah untuk
pilihan ragam rasa dan taburan kue cubit, roti bakar, dan beragam milkshake.
3.1
Berdasarakan teori utilitarian bahwa
suatu kegiatan harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Diambil
dari kasus di atas, salah satu contoh usaha bisnis yang saya teliti adalah
Warung Enon yang terletak didaerah Jalan kelapa dua wetan Perum PTB Blok
1L no.11 Cibubur.
Dikarenakan pemilihan lokasi sebuah bidang
usaha ini menurut saya strategis karena suatu jalan alternative dilewati oleh
para pekerja dalam berangkat maupun pulang bekerja. Kehadiran warung enon ini
di respone positif oleh orang sekitar maupun dari luar daerah ini. Disini adalah
suatu alternative dimana bisa dijadikan tempat berkumpulnya suatu kelompok atau
segelintir orang yang ingin memanjakan dirinya dengan hidangan-hidangan lezat
yang disediakan. Bukan hanya, itu
fasilitas wifi pun dijadikan daya jual badan usaha ini. Banyak sekali
remaja-remaja, orang dewasa, maupun orang tua yang berbondong-bondong ingin
merasakan tempat dan hidangan ini. Karna tempatnya yang nyaman dan berkelas
ini.
Sebagai bagian dari badan usaha, kehadiran
warung enon ini pasti memiliki dampak
positif dan negative, terutama dihubungkan dengan teori utilitarian. Dampak positif
menurut saya yaitu masyarakat sendiri.
4. REFRENSI
https://yuumenulis.wordpress.com/2012/11/07/teori-etika-etika-bisnis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar