Senin, 13 Maret 2017

PERBEDAAN TOEFL PAPER BASE DAN KOMPUTER BASE
·       PBT (Paper Based Test) TOEFL
PBT-TOEFL adalah bentuk TOEFL Test yang pertama kali dikeluarkan oleh ETS. Sistem test pada PBT-TOEFL menggunakan paper atau lembaran-lembaran kertas soal dan lembar jawaban yang harus diisi dengan pensil 2B.
Materi yang diujikan dulu adalah Listening, Structure, dan Reading dengan score range 310 – 677. Lama waktu test adalah 2 – 2,5 jam.

·       CBT (Computer Based Test) TOEFL
CBT-TOEFL adalah bentuk kedua, menggantikan PBT-TOEFL. Sistem test CBT-TOEFL tidak lagi menggunakan paper, tapi langsung dengan computer. Semua soal menggunakan softwere dan setiap soal langsung dijawab / dikerjakan di computer.

CBT pertama kali dikeluarkan pada tahun 1998. Namun di beberapa negara di Asia, khususnya Indonesia masih diperkenankan untuk menggunakan PBT (ITP-TOEFL) sebagai standar International TOEFL Test. Sehingga pamor CBT di Indonesia sangat minim. Bahkan hingga sekarang masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui apa itu CBT-TOEFL.
Materi yang diujikan adalah Listening, Structure, Reading dan Essay Writingdengan TOEFL score range 0 – 300. Essay Writing memiliki skala score terpisah yaitu 0 - 6. Lama waktu test adalah 2 – 2,5 jam.

Refrensi  https://kumpulansoaltoefl.blogspot.co.id/2014/06/apa-perbedaan-dari-pbt-cbt-ibt-test.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar